Memprediksi Ajal Lewat Kalkulator Kematian


Nurul Ulfah – detikHealth

Ilustrasi (Foto: labspaces.net)Jakarta, Ada-ada saja temuan para ilmuwan. Untuk mengetahui kapan seseorang akan mati, para peneliti mengembangkan sebuah program kalkulator kematian yang bisa mendeteksi kapan seseorang meninggal dunia berdasarkan riwayat kesehatannya, jenis kelamin dan faktor lainnya.

Peneliti dari Carnegie Mellon University menciptakan suatu program penghitung kematian yang bisa digunakan untuk membandingkan risiko kematian berdasarkan gender, usia, penyebab dan kawasan geografis berdasarkan data yang tersedia di Amerika dan Eropa.

Program tersebut cukup sederhana. Seseorang hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan dan hasil yang keluar berupa angka-angka prediksi kematian. Program tersebut juga bisa mengkalkulasi risiko kematian pada tahun depan dan membandingkannya dengan risiko lain di seluruh dunia.

Dikutip dari Healthbolt, Jumat (18/9/2009), dalam program tersebut juga terdapat 66 penyakit penyebab kematian dan pengguna bisa membandingkannya secara langsung. Program tersebut berupa situs yang terkoordinasi melalui Center for the Study and Improvement of Regulation at Carnegie Mellon University.

CISR adalah organisasi berbasis Department of Engineering & Public Policy dan berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan dan informasi untuk membantu masyarakat dan beberapa instansi. Kalkulator kematian diciptakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan risiko kematian dari beberapa penyakit.

Melalui program kalkulator kematian yang dikembangkan CISR, peneliti berharap masyarakat bisa memprediksi rata-rata kematian dari sebuah penyakit, penyakit apa saja yang berisiko mematikan, jumlah kematiannya berdasarkan ilmu statistik dan teknologi.

Mungkin program ini terdengar tidak masuk akal, tapi siapa tahu berguna bagi orang-orang yang sering mengabaikan masalah kesehatan, terutama para perokok yang susah diberi peringatan tentang bahaya merokok.

7 Balasan ke Memprediksi Ajal Lewat Kalkulator Kematian

  1. Bernardia Vitri mengatakan:

    wow!!! aDA JUGA YANG SEPERTI INI….. kalo oreang tingal di jakarta yang sumpeknya minta ampun itu, gimana ya coey??

  2. Aigis mengatakan:

    whoi, klo gtu w meninggalnya kpn?

  3. bookwormdelta mengatakan:

    HEBAT banget penemuannya….

    semakin lama semakin bagus pnemuannya…
    stststs…

  4. peyz87 mengatakan:

    Ada2 saja..Haha. .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: